Newwave Marketing by : Mr.Hermawan Kertajaya[27 Dec. 2009, 21:30:48]
Keterangan
Facebook, Blog, Web 2.0, Wikipedia, Social Networking, Mobile Marketing, Experiential Marketing, Offline dan Online Community. Many-to-Many Marketing. Itulah istilah-istilah yang belakangan sangat marak dalam dunia bisnis ataupun marketing khususnya. Lanskap bisnis memang sudah dan sedang berubah dengan cepatnya sehingga memerlukan berbagai pendekatan baru untuk menyikapinya. Konsep-konsep marketing yang ada dalam buku-buku teks saat ini menjadi kurang relevan lagi di tengah gelombang perubahan yang utamanya dipicu oleh perkembangan teknologi internet dengan Web 2.0-nya serta perkembangan mobile technology.
Pendekatan marketing yang bersifat vertikal, top-down, dan one-to-many akan digantikan oleh pendekatan yang bersifat horisontal, bottom-up, dan peer-to-peer serta many-to-many. Legacy Marketing akan digantikan oleh New Wave Marketing. Dengan pendekatan ini, pemasar bisa melakukan aktivitas low-budget high-impact marketing.
The New Wave Marketing berintikan 12 Cs:
1. Communitization, 2. Confirming, 3. Clarifying, 4. Coding, 5.Co-Creation, 6. Currency, 7. Communal Activation, 8. Conversation, 9. Commercialization, 10. Character, 11. Caring, 12. Collaboration